Minggu, 25 Desember 2011

Visi dan Misi

VISI DAN MISI KELURAHAN SITU
1.       Visi Kelurahan
Visi Kelurahan menggambarkan tentang tujuan yang ingin dicapai kelurahan dalam jangka waktu tertentu. Dalam teori Sun Tzu mengatakan semakin banyak perencanaan akan memberikan kesempatan yang lebih besar untuk menggapai tujuan yang ingin dicapai atau sebaliknya semakin kurang perencanaan akan mengurangi kesempatan atas tercapainya tujuan tersebut. Untuk itu Kelurahan Situ memiliki impian menjadi Kelurahan terbaik di Kabupaten Sumedang, maka Visi Kelurahan adalah “Terwujudnya Kelurahan Situ sebagai Kelurahan terdepan yang sejahtera, maju dan mandiri dengan didukung oleh masyarakat religius dan berbudaya”. Yang diartikan sebagai Kelurahan yang makin kokoh dan berdaya juang tinggi dalam membangun daerahnya untuk lebih maju dengan dilandasi orientasi masyarakat berupa :
a.       Perilaku masyarakat yang berpegang pada prinsip gotong royong.
b.      Masyarakat yang telah mengedepankan nilai-nilai kesetiakawanan sosial dalam mengelola permasalahan dan kebutuhan masyarakat daerah.
c.       Masyarakat yang makin kokoh dalam mewujudkan tanggung jawab untuk meretribusikan kemakmuran daerah, antara kelompok ekonomi lemah (kaun dhuafa) atau miskin secara materi namun potensial untuk menopang kemajuan kelompok ekonomi kuat (kaum agnia) yang terus menunjukan kesetiakawanan sosio-ekonominya untuk mengarahkan kaun ekonomi lemah menjadi produktif.
d.      Meningkatkan pelayanan publik.
Kelurahan Situ yang sejahtera ditandai dengan kondisi kehidupan masyarakat yang memenuhi standar kelayakan dalam pemenuhan kebutuhan dibidang pendidikan, kesehatan, dan bermatapencaharian layak serta jaminan keamanan dengan senantiasa mempertimbangkan kelestarian daya dukung lingkungan yang berkelanjutan sebagai masyarakat yang berbudaya.
                Kondisi ideal dibidang pendidikan ditunjukan dari :
a.       Meningkatkan tingkat pendidikan formal masyarakat yang dilihat dari target pendidikan dasar telah tuntas dan memasuki tahapan pendidikan menengah.
b.      Meningkatnya penguasaan keterampilan, ilmu pengetahuan, dan teknologi serta mampu mengimplementasiikan dalam perikehidupan masyarakat yang makin produktif.
c.       Terwujudnya pendidikan yang berdaya guna dan berhasil guna unntuk memenuhi kebutuhan hidup.
Kondisi ideal dibidang kesehatan ditunjukan dari :
a.       Terciptanya kondisi lingkungan sehat sesuai standar kesehatan kehidupan individu, keluarga dan masyarakat dengan mempertimbangkan kearifan lokal dan sosial.
b.      Terwujudnya derajat kesehatan masyarakat yang tinggi.
c.       Terwujudnya sistem pelayanan kesehatan masyarakat yang berkeadilan dan berdaya saing.
d.      Terwujudnya stabilitas kehidupan sosial yang mendukung terciptanya kehidupan masyarakat daerah yang tercermin dalam perilaku silih asah, silih asih, dan silih asuh.
e.      Terwujudnya keluarga sebagai basis persemaian nila-nilai budaya, pendididkan, dan kesehatan.
Kondisi ideal dibidang mata pencaharian layak ditunjukan dari :
a.       Makin kokohnya perekonomian  masyarakat yang berdaya saing secara regional, nasional, dan internasional, berbasis pada upaya mengembangkan keunggulan komparatif, kompetitip dan kooperatif dalam mendayagunakan potensi agribisnis, pariwisata dan industri.
b.      Meningkatnya akses yang lebih berkeadilan terhadap sumber daya ekonomi bagi seluruh masyarakat Sumedang.
c.       Terjaminnya ketersediaan kebutuhan pokok masyarakat Kelurahan Situ dengan tingkat harga yang tidak dapat dijangkau oleh seluruh lapisan masyarakat.
d.      Meningkatnya pelindungan dan regulasi pemerintah terhadap pelaku sosio ekonomi daerah dalam mendukung iklim investasi yang kondusif.
e.      Meningkatnya pendapatan dan daya beli masyarakat.
f.        Meningkatnya laju pertumbuhan ekonomi yang berdampak terhadap penurunan kemiskinan.
g.       Terwujudnya pembangunan pemeliharaan infrastruktur yang sejalan dengan keseimbangan daya dukung dan daya tampung lingkungan hidup.
h.      Meningkatnya penyedia lapangan pekerjaan dan pendayagunaan tenaga kerja yang berkualitas dan berdaya saing secara berkesinambungan berbasis pada keunggulan potensi daerah guna mendukung pembangunan.
Kelurahan Situ yang religius ditandai dengan kondisi lingkungan kehidupan sosial yang makin dijiwai oleh keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Kuasa sesuai keyakinan masyarakat yang diakui dalam sistem keagamaan nasional, kondisi ideal kehidupan agamis ditunjukan dari :
a.       Meningkatnya jati diri dan karakter masyarakat yang makin beriman dan bertakwa dalam keagamaan keyakinan beragama dan beribadat yang dijamin kelangsunganya oleh pemerintah.
b.      Menguatnya kemitraan dan tanggung jawab dalam pembangunan pendidikan keagamaan di daerah.
c.       Menguatnya kesalehan sosial masyarakat dan aparatur pemerintahan serta memperkokoh silaturahmi antar dan inter umat beragama untuk menguatkan pengamalan agama dalam kehidupan berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
2.       Misi
Dalam rangka pencapaian atas Visi tersebut diatas, Kelurahan Situ memiliki rencana-rencana yang terangkum dalam Misi Kelurahan Situ sebagai berikut :
a.       Meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.
b.      Meningkatkan kualitas SDM melalui pembinaan ahlak dan pembinaan hukum.
c.       Memfasilitasi percepatan pemberdayaan ekonomi kerakyatan, khususnya sektor perdaganagn dan jasa informal.
d.      Meningkatkan keamanan dan ketertiban lingkungan.
e.      Menggali, meletarikan, dan menumbuhkembangkan budaya hidup masyarakat yang berbasis lokal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar